Analisis Perilaku Konsumtif Melalui Belanja Online Pada Mahasiswa Program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa

Authors

  • Roos Nana Sucihati Universitas Samawa
  • U Usman Universitas Samawa
  • Rana Ewin Aprilindia Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.58406/jeb.v7i1.522

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, Media Sosial, Literasi Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif melalui belanja online pada mahasiswa program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa. Perilaku konsumtif dalam penelitian ini diukur berdasarkan indikator gaya hidup, media sosial dan literasi keuangan. Total populasi mahasiswa program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa berjumlah 550 orang dan sebanyak 25 mahasiswa dipilih sebagai perwakilan menjadi responden penelitian menggunakan teknik sampel aksidental (kebetulan). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara. Data yang telah dikumpulkan lalu dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles and Huberman, yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa gaya hidup, media sosial dan pemahaman literasi keuangan yang rendah dapat mengakibatkan perilaku konsumtif dikalangan mahasiswa.

Downloads

Published

2019-04-30