Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Usaha Distro Tom’s 08 Clothing)

Authors

  • Elly Karmeli Universitas Samawa
  • Wahyu Haryadi Universitas Samawa
  • A Arifin Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.58406/jeb.v7i1.524

Keywords:

Ekuitas Merek , Kepuasan Pelanggan

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Kepuasan Pelanggan pada Distro Tom’s 08 Clothing Sumbawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ekuitas Merek / Brand Equity (X) sebagai variabel bebas dan Kepuasan Pelanggan (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menggunakan metode penyebaran kuesioner dengan menggunakan jenis data primer. Sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Statistik t (Uji-t) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Temuan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Ekuitas Merek / Brand Equity (X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) diketahui berdasarkan hasil uji-t dimana t-hitung > t-tabel (2,897 > 1,686). Dengan hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,181 atau sebesar 18,1 persen pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

Downloads

Published

2019-04-30