PENGARUH METODE CERAMAH, DISKUSI, SIMULASI DAN MODUL TERHADAP SIKAP PERAWAT TENTANG PEMBERIAN DUKUNGAN SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG PERAWATAN ANAK RSUD SUMBAWA

Authors

  • Yasinta Aloysia Daro Universitas Samawa

Keywords:

hospitalisasi, metode, dukungan, perawat, sikap

Abstract

Latar belakang: Hospitalisasi pada anak dapat menyebabkan kecemasan dan perubahan perilaku pada anak dan orang tua. Efek negatif yang disebabkan hospitalisasi dapat diminimalkan oleh perawat dalam bentuk pemberian dukungan. Peningkatkan dukungan perawat harus disertai dengan pengembangan pengetahuan, sikap dan kemampuan klinisnya. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh metode ceramah, diskusi, simulasi dan modul terhadap sikap perawat tentang pemberian dukungan selama hospitalisasi di ruang perawatan anak. Metode: Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental one group pre-test post-test design dengan sampel 25 perawat Ruang Anak RSUD Sumbawa yang diberikan edukasi dengan metode ceramah, diskusi, simulasi dan modul tentang pemberian dukungan selama hospitalisasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kesioner (sikap) dan lembar wawancara. Analisis uji statistik sikap pretest, posttest1 dan posttest2 menggunakan Wilcoxon dengan p<0,05 dan derajat kepercayaan 95%. Hasil: Menunjukkan bahwa nilai median sikap saat pretest, posttest 1 dan posttest 2 adalah 69, 73 dan 76 (berurutan) dengan p value sikap <0,001 (p<0,05) hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang bermakna skor sikap perawat pada pretest, posttest 1 dan posttest 2 pemberian edukasi dengan metode ceramah, diskusi, simulasi dan modul. Kesimpulan: Pemberian edukasi dengan metode ceramah, diskusi, simulasi dan modul mempunyai pengaruh terhadap sikap perawat tentang pemberian dukungan selama hospitalisasi di ruang perawatan anak. Pemberian edukasi dengan metode ceramah, diskusi, simulasi dan modul dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan sikap perawat dalam pemberian dukungan.

Downloads

Published

2023-12-31