PELATIHAN DAN SOSIALISASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • I Putu Gede Diatmika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ika Fitriani Universitas Samawa, Sumbawa Besar

DOI:

https://doi.org/10.58406/jpml.v4i2.459

Keywords:

Pelatihan, Sosialisasi, Pemanfaatan, Pemasaran, E-Commerce

Abstract

Tujuan kegiatan pelatihan dan sosialisasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan e-commerce, mengetahui tata cara penggunaan e-commerce dan memiliki market place. Metode yang digunakan yaitu kegiatan dilaksanakan secara “luring”, tahap pertama dilakukan adalah memberikan ceramah kepada pelaku UMKM dan mahasiswa Universitas Samawa di Kabupaten Sumbawa, pada bulan Agustus 2021. Tahap kedua adalah memberikan pelatihan kepada peserta tentang tata cara membuka dan mendaftar toko online serta pelatihan tata cara menggunakan aplikasi toko online. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan pengetahuan terkait pentingnya pemanfaatan e-commerce terutama ditengah mewabahnya pendemi Covid-19, peserta juga dapat mengetahui tata cara penggunaan e-commerce dan memiliki market place, serta dapat menambah pengetahuan tentang ide-ide usaha kecil menengah dan meningkatkan rating toko UMKM di salah satu market place seperti toko makanan di aplikasi Grab, sehingga tidak hanya meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, namun juga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, khususnya yang terserap sebagai tenaga kerja pada perusahaan Grab di Kabupaten Sumbawa.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Rahayu, S., Diatmika, I. P. G., & Fitriani, I. (2023). PELATIHAN DAN SOSIALISASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(2), 226–230. https://doi.org/10.58406/jpml.v4i2.459

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>