PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS VIII SMP WIYATA DHARMA KESAMBEN

Authors

  • Melania Tesa Iana Maya Anugraheni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Akhmad Qomaru Zaman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bernadetta Budi Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Penurunan kualitas pendidikan di Indonesia membuat guru atau pendidik dituntut untuk lebih kreatif dengan adanya inovasi-inovasi baru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan di era teknologi ini adalah memanfaatkan aplikasi edukatif Quizizz yang merupakan aplikasi pendidikan berbasis game. Pembelajaran berbasis game ini akan membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah guru dan beberapa peserta didik kelas VIII SMP Wiyata Dharma Kesamben serta literatur lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Seluruh data akan diuji kredibilitasnya menggunakan triangulasi teknik  dengan mengecek data dari hasil observasi yang kemudian dicek dengan hasil wawancara serta dokumentasi selama penelitian berlangsung di SMP Wiyata Dharma Kesamben. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan pemanfaatan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VIII SMP Wiyata Dharma Kesamben. Penggunaan aplikasi edukatif berbasis game membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar dan mengerjakan soal-soal yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Melania Tesa Iana Maya Anugraheni, Zaman, A. Q., & Lestari, B. B. . (2023). PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS VIII SMP WIYATA DHARMA KESAMBEN. Jurnal Kependidikan, 7(2), 89–96. Retrieved from http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1134