PENERAPAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rizka Amalia Febriyanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maullatul Hajar Sukarno Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Firda Husnia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

nilai – nilai profil pelajar Pancasila, pembelajaran kontekstual

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter. Pelajar pancasila mewujudkan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global yang bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk mempelajari objek alamiah di mana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, yang teknik pengumpulan datanya dilakukan secara kombinasi, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan relevansi daripada generalisasi. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dimana metode yang mengkaji berbagai teori, berbagai sumber referensi berbeda, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan pokok kajian,   dan mengunjungi website yang menyajikan informasi berkaitan dengan penerapan nilai – nilai profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual relevan dengan profil pelajar pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Febriyanti, R. A., Putri, M. H. S., Husnia, F., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kependidikan, 8(1), 190–197. Retrieved from http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1271