FUNGSI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS PERTANIAN
Keywords:
Fungsi Pengawasan, Kinerja Pendidik, Tenaga KependidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan fungsi pengawasan dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam menerapkan fungsi pengawasan dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Faperta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif yaitu sebagai suatu pendekatan atau penelusuran untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala sentral. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, Display data, Kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pimpinan/Dekan bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap pelaksanaan pengawasan. Pimpinan/Dekan melakukan pengawasan terhadap para Kaprodi. Sedangkan Kaprodi mengawasi seluruh dosen yang berada dalam lingkup program studinya. Kaprodi-kaprodi tersebut bertanggung jawab kepada Dekan. Pengawasan yang diterapkan di Lingkungan Faperta: Pengawasan melekat, dan pengawasan fungsional. Pengawasan melekat adalah berupa tindakan atau usaha untuk mengawasi dan mengendalikan anak buah secara langsung, yang harus dilakukan sendiri oleh pimpinan. Kemudian peranan pengawasan dalam meningkatkan disiplin kerja pendidik/dosen dan tenaga kependidikan di Lingkungan Faperta adalah untuk mencegah terjadinya berbagai penyimpangan atau kesalahan, untuk menjamin atau mengusahakan pelaksanaan kegiatan agar sesuai dengan perencanaan, memperbaiki kesalahan atau penyimpangan yang terjadi, dan untuk mengetahui kedisiplinan kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tanggung jawab yang dimilikinya. Sedangkan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pengawasan di lingkungan Faperta adalah; 1). Budaya Jelek rasa/sungkan dan perbedaan karakter pegawai/dosen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nining Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.