ANALISIS ETIKA PELAYANAN PUBLIK DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Heri Kurniawansyah Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Ade Sujastiawan Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Elys Kayanty Universitas Samawa, Sumbawa Besar

DOI:

https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v3i2.1084

Keywords:

Etika, Pelayanan, Publik

Abstract

Permasalahan yang dibahas dari penelitian ini adalah Analisis Etika
Pelayanan Publik di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya
Manusia Kabupaten Sumbawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui etika pegawai dalam pelayanan administrasi di Kantor Badan
Kepegawaiandan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumbawa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observai dan
dokumentasi. Alat analisis datayaitu dengan menggunakan teori Miles and
Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikankesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika pegawai
dalam pelayanan administrasi telah berjalan dengan baik dan dapat dilihat dari
empat aspek yaitu Persamaan (equality), nilai persamaan yang dijalankan sudah
baik, Keadilan (equity)yang diterapkan sudah maksimal, kesetiaan (loyality)
pegawai, Tanggung Jawab (Responsibility) dalam menjalankan pelayanan sudah
baik.Tetapi, dalam segi kedisiplinan terutama disiplin waktu masih banyak
pegawai yang tidak hadir tepat waktu dan membuat Pegawai Negeri Sipil yang
ingin melakukan pelayanan harus menunggu.

 

Downloads

Published

2023-01-03