ANALISIS ETIKA PELAYANAN PUBLIK DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v3i2.1084Keywords:
Etika, Pelayanan, PublikAbstract
Permasalahan yang dibahas dari penelitian ini adalah Analisis EtikaPelayanan Publik di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya
Manusia Kabupaten Sumbawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui etika pegawai dalam pelayanan administrasi di Kantor Badan
Kepegawaiandan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumbawa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observai dan
dokumentasi. Alat analisis datayaitu dengan menggunakan teori Miles and
Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikankesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika pegawai
dalam pelayanan administrasi telah berjalan dengan baik dan dapat dilihat dari
empat aspek yaitu Persamaan (equality), nilai persamaan yang dijalankan sudah
baik, Keadilan (equity)yang diterapkan sudah maksimal, kesetiaan (loyality)
pegawai, Tanggung Jawab (Responsibility) dalam menjalankan pelayanan sudah
baik.Tetapi, dalam segi kedisiplinan terutama disiplin waktu masih banyak
pegawai yang tidak hadir tepat waktu dan membuat Pegawai Negeri Sipil yang
ingin melakukan pelayanan harus menunggu.
Downloads
Published
2023-01-03
Issue
Section
Articles

View My Stats