PROSES AKREDITASI UNIT PELAKSANA TEKNIS ( UPT) PUSKESMAS UNIT II KECAMATAN SUMBAWA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUSKESMAS

Authors

  • Amrullah
  • Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v1i1.295

Keywords:

Akreditasi Puskesmas, Pelayanan Publik, Mutu Pelayanan

Abstract

Pengembangan Kesehatan merupakan salah satu upaya yang sangat
penting untuk dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggitingginya. Keberhasilan pengembangan kesehatan di indonesia sangat
dipengaruhi oleh kesinambungan antar upaya program dan sektor serta
kesinambungan upaya-upaya yang telah dilakukan pada periode sebelumnya.
Untuk meningkatkan keberhasilan pengembangan kesehatan di Indonesia, maka
Kementerian Kesehatan menetapkan Rencana Strategis (Renstra) yang mengacu
kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Salah satu
sasaran dari RPJMN 2015-2019 adalah meningkatkan Mutu pelayanan kesehatan
dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil atau tertinggal (Kementerian
Kesehatan Republik Indonesia, 2015).
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskritif yang bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi pajak
kendaraan bermotor dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di kabupaten
Sumbawa. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data skunder dengan
tehnik wawancara dan dokumentasi. Hal ini untuk mencapai tujuan akhir
penelitian dengan menggunakan pikiran yang logis, menggambarkan,
menguraikan secara mendalam dan sistematis tentang yang sebenar-benarnya
kemudian ditarik kesimpulan sehinnga dapat diperoleh suatu pemecahan
masalah.
Proses Akreditasi Puskesmas Unit II Kecamatan Sumbawa memiliki
Kesiapan UPT Puskesmas Unit II dalam proses pengajuan akreditasi, Proses
pengajuan Dokumen Akreditasi, Ketersediaan sumber daya dalam proses
pengajuan akreditasi, Tahapan atau Mekanisme pelaksanaan Proses Akreditasi,
Faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam proses
pengajuan Akreditasi UPT Puskesmas Unit II Kecamatan Sumbawa.

Downloads

Published

2023-06-22