KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR DESA MOKONG KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v1i1.299Keywords:
Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi, DesaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan
Publik Di Kantor Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten
Sumbawa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kantor Desa Mokong Kecamatan
Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. Data di analisis secara kualitatif
deskriptif untuk memberikan gambarkan mengenai permasalahan
penelitian. Dalam pengumpulan data, metode yang dipakai adalah
observasi, dan wawancara. Hasil penelitian mengenai 5 indikator yang
ada pada kualitas pelayanan publik pada Kantor Desa Mokong
Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa adalah Bukti fisik
(tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness),
Jaminan (assurance), Perhatian (empathy). Selain itu yang menjadi
faktorfaktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor
Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa adalah
Sumber daya manusia dan kedisiplinan petugas pelayanan. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di
Kantor Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa belum
optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyararakat karena
masih terdapat pelayanan yang masih kurang baik sehingga masih perlu
ditingkatkan.

View My Stats