KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA POTO KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Sri Nurhidayati
  • Muhammad Salahuddin
  • Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v2i1.429

Keywords:

Pelayanan Publik, Administrasi, Desa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan
Publik Di Kantor Desa Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten
Sumbawa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kantor Desa Poto Kecamatan Moyo
Utara Kabupaten Sumbawa. Data di analisis secara kualitatif deskriptif
untuk memberikan gambarkan mengenai permasalahan penelitian.
Dalam pengumpulan data, metode yang dipakai adalah observasi, dan
wawancara. Hasil penelitian mengenai 5 indikator yang ada pada
kualitas pelayanan publik pada Kantor Desa Poto Kecamatan Moyo Utara
Kabupaten Sumbawa adalah Bukti fisik (tangibles), Keandalan
(reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance),
Perhatian (empathy). Selain itu yang menjadi faktorfaktor yang
mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Poto
Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa adalah Sumber daya
manusia dan kedisiplinan petugas pelayanan. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor
Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa belum optimal
dalam memberikan pelayanan kepada masyararakat karena masih
terdapat pelayanan yang masih kurang baik sehingga masih perlu
ditingkatkan.

Downloads

Published

2023-06-23