PELAYANAN UPT PUSKESMAS KERATO DALAM MELAYANI PASIEN PENGGUNA KARTU KESEHATAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PENERIMA BANTUAN IURAN DI KABUPATEN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v2i2.596Keywords:
Pelayanan Kesehatan, BPJS, Kepuasan PasienAbstract
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk meyelenggarakan program jaminan kesehatan, dengan tujuan untuk memproteksi seluruh masyarakat dengan premi terjangkau dan coverage lebih luas, untuk seluruh masyarakat secara nasional. Penerima bantuan iuran (PBI) merupakan peserta yang mengikuti program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan berdasarkan bantuan dari pemerintah yang terdiri dari golongan fakir miskin, orang tidak mampu, serta penderita cacat total, baik tetap maupun tidak mampu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Puskesmas Kerato dalam melayani Pasien pengguna kartu kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Puskesmas Kerato. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan yang diberikan Puskesmas Kerato kepada pasien pengguna kartu kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Penerima Bantuan Iuran sudah sesuai dengan prosedur pelayanan dan kepuasan pasien. Dimensi yang menjadi pengukur pelayanan Puskesmas Kerato pada pasien pengguna kartu kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Penerima Bantuan Iuranadalah: 1) Kompetensi Teknik, 2) Keterjangkauan Akses 3) Kesinambungan Layanan, 4) Keamanan, 5) Kenyamanan. Dalam hal ini Puskesmas Kerato telah menunjukkan adanya pelayanan yang baik dengan memberikan pelayanan yang memenuhi harapan dan kepuasan pasien pengguna kartu kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Penerima Bantuan Iuran.

View My Stats