PENGARUH METODE MENTORING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MAHASISWA D3 KEPERAWATAN DALAM PEMBUATAN TUGAS ASUHAN KEPERAWATAN
DOI:
https://doi.org/10.58406/jks.v6i1.675Keywords:
asuhan keperawatan, metode mentoring, mahasiswa DIII keperawatanAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode mentoring terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan tugas asuhan keperawatan. Metode penelitian menggunakan desain/rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan praeksperimental (one group pre test -post test). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mentoring dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan asuhan keperawatan (p=0,002). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikan lebih kecil (p=0,002<0,05). Kesimpulan penelitian adalah metode mentoring berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan tugas asuhan keperawatan.

