PENGARUH METODE MENTORING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MAHASISWA D3 KEPERAWATAN DALAM PEMBUATAN TUGAS ASUHAN KEPERAWATAN

Authors

  • Nila Yuliana Universitas Samawa
  • Seftiani Utami Universitas Samawa
  • Laily Widya Astuti Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.58406/jks.v6i1.675

Keywords:

asuhan keperawatan, metode mentoring, mahasiswa DIII keperawatan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode mentoring terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan tugas asuhan keperawatan. Metode penelitian menggunakan desain/rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan praeksperimental (one group pre test -post test). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  metode mentoring  dapat  meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan asuhan keperawatan (p=0,002). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai  signifikan  lebih  kecil  (p=0,002<0,05). Kesimpulan penelitian adalah metode mentoring berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan tugas asuhan keperawatan.

Downloads

Published

2022-02-25