PENGARUH METODE CBL (CASE BASED LEARNING) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MAHASISWA MEMBUAT ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK
DOI:
https://doi.org/10.58406/jks.v7i1.987Keywords:
CBL, Pengetahuan, Asuhan Keperawatan, Mahasiswa DIII keperawatanAbstract
Asuhan keperawatan merupakan tugas pokok yang harus dilakukan perawat dalam melakukan perawatan pasien. Pentingnya pemahaman dengan menggunakan metode pembelajaran CBL (case based learning) dalam membuat asuhan keperawatan perlu dilakukan sejak mahasiswa menempuh pendidikan keperawatan untuk menjadi perawat yang professional. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode CBL terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam membuat asuhan keperawatan gerontik. Metode penelitian menggunakan desain/rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan praeksperimental (one group pre test -post test). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 19 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CBL dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan asuhan keperawatan (p=0,000). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikan lebih kecil (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah metode CBL dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam membuat asuhan keperawatan gerontic.

