PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK KULIT SAPI (STUDI KASUS LINGKUNGAN SURYA BAKTI KELURAHAN PEKAT KECAMATAN SUMBAWA)
Keywords:
Kerupuk Kulit Sapi, Keputusan Pembelian, Preferensi KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi seperti apa yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian kerupuk kulit sapi di Lingkungan Surya Bakti Kelurahan Pekat Kecamatan Sumbawa. Penelitian ini telah dilksanakan pada bulan April 2022 di Lingkungan Surya Bakti Kelurahan Pekat Kecamatan Sumbawa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan metode deskriptif dengan jumlah sebanyak sempel sebanyak 60 responden dengan mengambil 10 responden dari masing-masing para pemilik home industry yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara atau kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif menggunakan rating scale. Dari hasil penelitian diketahui bahwa preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian yang dilakukan pada harga kerupuk kulit sapi yaitu harga yang ditawarkan penjual sesuai dengan kualitas produk yang dijual. Cita rasa kerupuk kulit sapi yang ditawarkan oleh pejual memiliki tekstur yang gurih sehingga responden tertarik untuk membeli produk dan responden menyukai kerupuk kulit sapi untuk dikonsumsi sebagai pendamping makanan sehingga menambah cita rasa yang gurih. Ukuran dari kerupuk kulit sapi yang beragam sehingga membuat responden merasa puas dengan kualitas kerupuk kulit sapi dan bentuk yang ditawarkan penjual kepada responden sesuai dengan harga baik kemasan kecil maupun kemasan besar sesuai dengan harga masing-masing. Lokasi atau tempat penjualan kerupuk kulit sapi mudah dijangkau dan strategis. Preferensi konsumen terhadap krupuk kulit sapi sebagai berikut : (1) harga kriteria sangat setuju, (2) cita rasa kriteria sangat setuju, (3) ukuran kriteria setuju, (4) lokasi kriteria setuju dan dapat dikatakan bahwa preferensi konsumen yang diterapkan oleh krupuk kulit sapi pada cita rasa dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.