ANALISIS PEMASARAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) SWAGOTRA ARTHAGIRI KABUPATEN SUMBAWA
Keywords:
Saluran Pemasaran , Margin Pemasaran, Efisiensi PemasaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran HHBK di Hkm Swagotra Arthagiri.Penelitian ini telah dilaksan akan pada bulan Juni 2023.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif kuantitatif dan pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses penelitian dilakukan dengan cara menggunakan sampel sebanyak 49 responden. Dari data yang diperoleh digunakan untuk melakukan analisis saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran HHBK di Hkm Swagotra Arthagiri.Dimana terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran pertama adalah petani, pedagang pengumpul dan konsumen.Saluran kedua adalah petani, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. Untuk margin pemasaran buah mangga didapatkan saluran I Rp.11.600 dan saluran II Rp.19.822. Untuk margin pemasaran buah jeruk didapatkan saluran I Rp.8.750 dan saluran II Rp.17.250. Untuk margin pemasaran buah srikaya didapatkan saluran I Rp.2.500 dan saluran II Rp.5.500. Untuk margin pemasaran buah jambu mente didapatkan saluran I Rp.5.000 dan saluran II Rp.18.000. Efisiensi pemasaran buah mangga saluran I 4% dan saluran II 9,1%. . Efisiensi pemasaran buah jeruk saluran I 10,03% dan saluran II 9,91%. . Efisiensi pemasaran buah srikaya saluranl I 20% dan saluran II 21,71%. . Efisiensi pemasaran buah jambu mente saluran II 8,33% dan saluran II 3,88%.