ANALISIS BAURAN PEMASARAN TANAMAN HIAS DI UD. SAMAWA FLORA KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Hidayatul Kahfi Universitas Samawa Sumbawa Besar
  • Alia Wartiningsih Universitas Samawa Sumbawa Besar
  • Syahdi Mastar Universitas Samawa Sumbawa Besar

Keywords:

bauran pemasaran, Tanaman Hias, Samawa Flora, Kabupaten Sumbawa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bauran pemasaran tanaman
hias di UD. Samawa Flora Kabupaten Sumbawa. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, kuisioner dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 15
responden yang membeli tanaman hias di UD. Samawa Flora Kabupaten
Sumbawa yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Adapun
analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif. Dari hasil
penelitian diketahui bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan pada produk
yaitu memasarkan beragam tanaman hias yaitu tanaman hias daun, tanaman hias
bunga dan tanaman hias buah. Tanaman hias yang sering dibeli adalah tanaman
hias daun dan tanaman hias bunga. Penetapan harga menggunakan pendekatan
biaya dan juga memberi potongan harga. Promosi menggunakan penjualan secara
langsung ditempat usaha dan juga dari mulut ke mulut. Tempat/saluran distribusi
produk dilakukan secara langsung yaitu konsumen datang langsung ketempat
usaha untuk membeli dan tanpa ada saluran distribusi. Kendala yang dihadapi
yaitu tidak adanya papan nama identitas usaha di depan jalan membuat sebagian
konsumen belum mengetahui lokasi UD. Samawa Flora yang baru

Downloads

Published

2021-06-30