BAURAN PEMASARAN USAHA AYAM BROILER (STUDI KASUS USAHA PETERNAKAN UD. SWAMI DI KECAMATAN LABUHAN BADAS)
Keywords:
Ayam Broiler, UD. SWAMIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bauran pemasaran usaha ayam broiler di UD. SWAMI Kecamatan Labuhan Badas. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari 2021 di Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang membeli ayam broiler UD. SWAMI yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan pada produk yaitu memasarkan berbagai jenis produk olahan ayam seperti ayam hidup, ayam bersih (Karkas), ayam parting (dada, paha, sayap), ada juga sisa bagian ayam karkas seperti kepala, ceker, usus, ati, ampela, yang dijual terpisah baik dalam kondisi fresh ataupun beku. Penetapan harga menggunakan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan juga memberi potongan harga. Tempat/saluran distribusi produk dilakukan secara langsung yaitu konsumen datang langsung ketempat usaha dan juga melalui pedagang pengepul. Promosi menggunakan media offline yang berupa promosi dari mulut ke mulut dan pemasangan papan nama untuk mempromosikan kegiatan usahanya. Tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran berdasarkan masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek produk kategori baik, (2) aspek harga kategori baik, (3) aspek tempat kategori sangat baik, (4) aspek promosi kategori cukup dan dapat dikatakan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh UD. SWAMI sudah berjalan dengan baik.