BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KOPI PUNIK SUMBAWA DI DUSUN PUNIK DESA BATUDULANG KECAMATAN BATULANTEH KABUPATEN SUMBAWA
Keywords:
Bauran Pemasaran, Kopi, Usaha Kopi Punik SumbawaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bauran pemasaran pada usaha Kopi Punik Sumbawa di Dusun Punik Desa Batudulang Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2021 di Dusun Punik Desa Batudulang Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang membeli produk Kopi Punik Sumbawa yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bauran pemasaran yang dilakukan pengusaha pada produk yaitu memasarkan dua jenis produk yaitu kopi bubuk arabika dan kopi bubuk robusta. Penetapan harga menggunakan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan juga memberi potongan harga. Tempat/saluran distribusi produk dilakukan secara langsung yaitu konsumen datang langsung ketempat usaha dan juga diantar ketempat pemesanan. Promosi menggunakan media offline yang berupa promosi dari mulut ke mulut, pemasangan papan nama untuk mempromosikan kegiatan usahanya dan media online berupa facebook, whatshap dan instagram. Tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran berdasarkan masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek produk kategori baik, (2) aspek harga kategori sangat baik, (3) aspek tempat kategori sangat baik, (4) aspek promosi kategori cukup baik dan dapat dikatakan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh usaha Kopi Punik Sumbawa sudah berjalan dengan baik.