PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Authors

  • Nurul Hidayanti Universitas Samawa
  • Supratman Supratman Universitas Samawa
  • Wiwi Noviati Universitas Samawa

Keywords:

E-Modul, Liretasi Sains, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya nilai literasi sains siswa, kurang pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, nilai ulangan yang masih rendah, pembelajaran masih metode ceramah serta penggunaan media belajar yang belum terintegrasi model pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi sains siswa dengan mengetahui tingkat kevalidan dan nilai respon siswa serta nilai-rata peningkatan literasi sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan SMAN 1 Alas pada siswa kelas X. Metode pengembangan yakni model Borg and Gall modifikasi Sugiyono. Hasil validasi ahli materi oleh dua validator dengan nilai rata-rata akhir sebesar 3,89 dan 3,73 dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli media nilai sebesar 3,74 dan 3,51 dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 3,77 dan 3,44 dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk menggunakan angket respon siswa didapatkan nilai rata-rata sebesar 3,5 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perhitungan nilai validasi ahli dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis model PBL layak untuk digunakan. Selanjutnya hasil perhitungan nilai rata-rata pretest dan post-test menunjukkan bahwa penerapan e-modul berbasis model PBL dapat meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan kelas pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Hidayanti, N. ., Supratman, S., & Noviati, W. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA . Jurnal Kependidikan, 8(1), 213–220. Retrieved from https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1276