PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IIS 3 SMAN 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem SolvingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar dengan jumlah siswa seluruhnya 26 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa materi limit fungsi aljabar di kelas XI IIS 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan perolehan nilai rata-rata postest pada siklus I sebesar 75,88 dan persentase keberhasilan belajar klasikal sebesar 76,92 belum mencapai keberhasilan belajar klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85% mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 79,62 dan persentase keberhasilan belajar klasikal sebesar 88,46% telah melampaui indikator keberhasilan belajar klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85%. Adapun dari segi keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Matematika juga mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase keaktifan di siklus I sebesar 68,70% kategori cukup meningkat di siklus II dengan rata-rata persentase keaktifan sebesar 76,71% kategori sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi limit fungsi aljabar di kelas XI IIS 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iwan Zuhri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.