AKUNTABILITAS PUBLIK DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN KEPADA MASYARAKAT STUDI PADA KANTOR DESA LABUHAN SUMBAWA
Keywords:
Akuntabilitas Publik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan MasyarakatAbstract
Indeks Kepuasan Masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan
masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif atau kualitatif
atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur
penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan
kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
akuntabilitas publik dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian berlokasi di kantor Desa
Labuhan Sumbawa selama 5 bulan sejak Juni hingga Oktober 2022. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas publik dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat, didapatkan
koefisien signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 5,443 dan koefisien
regresi memiliki nilai positif yaitu sebesar 0,421. Nilai koefisien signifikansi
0,000 < 0,05 dan t hitung = 5,443 > t tabel = 1,98698, maka ????????1 diterima. dan
koefisien signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 4,583 dan koefisien
regresi memiliki nilai positif yaitu sebesar 0,517. Nilai koefisien signifikani
0,000 < 0,05 dan t hitung = 4,583 > t tabel = 1,98698, maka ????????2 diterima.