AKUNTABILITAS PUBLIK DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN KEPADA MASYARAKAT STUDI PADA KANTOR DESA LABUHAN SUMBAWA

https://doi.org/10.58406/jrktl.v5i2.1064

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • I Putu Gede Diatmika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • N Noviana Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Akuntabilitas Publik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Indeks Kepuasan Masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan
masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif atau kualitatif
atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur
penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan
kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
akuntabilitas publik dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian berlokasi di kantor Desa
Labuhan Sumbawa selama 5 bulan sejak Juni hingga Oktober 2022. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas publik dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat, didapatkan
koefisien signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 5,443 dan koefisien
regresi memiliki nilai positif yaitu sebesar 0,421. Nilai koefisien signifikansi
0,000 < 0,05 dan t hitung = 5,443 > t tabel = 1,98698, maka ????????1 diterima. dan
koefisien signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 4,583 dan koefisien
regresi memiliki nilai positif yaitu sebesar 0,517. Nilai koefisien signifikani
0,000 < 0,05 dan t hitung = 4,583 > t tabel = 1,98698, maka ????????2 diterima.

Published

2022-12-30

How to Cite

Rahayu, Sri, I Putu Gede Diatmika, and N Noviana. 2022. “AKUNTABILITAS PUBLIK DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN KEPADA MASYARAKAT STUDI PADA KANTOR DESA LABUHAN SUMBAWA”. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan 5 (2):074-081. https://doi.org/10.58406/jrktl.v5i2.1064.

Most read articles by the same author(s)